RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : SMPN 4 Palu
Kelas :
IX (Sembilan)
Mata Pelajaran : FISIKA
Waktu : 1 x 40 menit
Standar Kompetensi
3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Kompetensi Dasar
3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik
serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1. Menjelaskan hubungan
antara beda potensial (V) dan kuat arus (I ) dengan energi
listrik.
2.
Menunjukkan perubahan
energi listrik menjadi energi bentuk lain.
3. Menjelaskan hubungan
antara daya listrik dan energi listrik.
4. Menerapkan konsep
energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan faktor-faktor yang menentukan
energi listrik.
2. Mengamati hubungan antara kalor dengan lama
aliran arus listrik.
3. Menjelaskan rumusan energi listrik.
4. Menyebutkan alat-alat pengubah energi
listrik.
5. Menjelaskan pengertian daya listrik.
B. Materi Pembelajaran
Energi dan Daya
Listrik
C. Metode Pembelajaran
1. Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan (5
menit)
·
Motivasi
dan Apersepsi
Pernahkah kalian melihat mesin pembangkit listrik dikota dan di desa?.
Mengapa pembangkit listrik di kota lebih besar dayanya dibandingkan di desa?
·
Prasyarat
pengetahuan:
- Sebutkan besaran yang
menentukan nilai energi listrik.
b. Kegiatan Inti (30
menit)
·
Guru memberikan informasi mengenai tujuan
pembelajaran yang akan dicapai
·
Guru menjelaskan secara singkat materi yang
akan dibahas.
·
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok dengan membagi
siswa menjadi 3 kelompok
·
Guru menjelaskan secara singkat model
pembelajaran jigsaw
·
Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing
kelompok untuk menentukan pembagian kelompok
·
Guru membagikan Lembar kerja Siswa (LKS) kepada
masing-masing kelompok
·
Guru menginstruksikan untuk melaksanakan
kegiatan siswa pada LKS yang sebelumnya telah dijelaskan oleh guru.
·
Guru
memantau proses pengerjaan LKS dari semua kelompok dan menanyaan jika ada yang
belum dipahami.
·
Siswa dari kelompok mendiskusikan hasil
pekerjaannya pada kelompoknya masing-masing.
·
Masing-masing kelompok memberikan kesimpulan
dari hasil diskusi kelompoknya masing-masing.
·
Guru menginstruksikan kepada masing-masing kelompok yang sebelumnya telah diamati untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
·
Siswa dari kelompok lain menanggapi hasil
diskusi kelompok yang mempersentasikan hasilnya.
·
Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
·
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru menentukan rumusan energi listrik
dan daya listrik.
·
Peserta
didik memperhatikan contoh soal
menentukan energi listrik dan daya
listrikyang disampaikan oleh
guru.
·
Guru
memberikan beberapa soal yang berkatian dengan penentuan energi listrik dan daya
listrik untuk dikerjakan oleh
peserta didik.
·
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup (5
menit)
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
·
Guru memberikan nasehat kepada siswa untuk
selalu melakukan penggunaan energy listrik dengan memperhitungkan efisiensi
energy listrik
·
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Mari Belajar IPA 3 Untuk SMP/MTs Kelas IX Penulis
: Elok Sudibyo Wahono, Widodo Wasis, Dwi
Suhartanti ILMU PENGETAHUAN ALAM Terpadu dan Kontekstual Untuk
SMP/MTs Kelas IX Pembelajaran Penulis: Dewi Ganawati, Sudarmana, Wiwik
Radyuni.
b.
Buku
referensi yang relevan.
c. Alat dan bahan praktikum.
Sebagaimana terlampir dalam LKS
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes unjuk kerja (LKS)
- Tes tertulis
- Penugasan
b.
Bentuk Instrumen:
-
Uji petik kerja prosedur
-
Tes
uraian
-
Tugas
rumah
Instrumen soal-soal yang diujikan
1. Sebuah alat pemanas listrik
bertegangan 220 volt dan padanya mengalir arus listrik 2 ampere. Jika alat
pemanas tersebut dipakai selama 2 jam, berapa energi yang ditimbulkan oleh alat
tersebut?
Jawab
: W= V I t
= 220
volt x 2 A x 7200 s
=
3168000 joule = 3168 × 103 joule
=
3,168 × 106 joule
2. Pada sebuah penghantar 25 ohm, mengalir
arus 0,2A. Bila aliran arus listrik ini berjalan selama 90 menit. Berapakah
energi yang ditimbulkan?
Penyelesaian:
Jawab
: W = I2 R t
=
(0,2 A)2 × 25 ohm × 5400 s
=
0,04 A2 × 25 ohm x 5400 s
=
5400 joule = 5,4 × 103 joule
3. Keluarga Mahfud memiliki 4 buah
kipas listrik, masingmasing berdaya 50 W. Kipas-kipas tersebut digunakan 10 jam
tiap hari. Berapa kWh-kah penggunaan energi listrik untuk kipas tersebut dalam
satu bulan?
W= P × t
= 0,2 kW × 300 h
= 60
kWh
Jadi,
energi listrik tersebut sebesar 60 kWh.
4. Pada sebuah lampu pijar bertuliskan
220 V/ 100 W. Jika lampu dipasang pada beda tegangan 220 volt selama sepuluh
sekon. Tentukan energi listrik yang digunakan oleh lampu!
Jawab
: W = P
t
= 100
W × 10 s
=
1000 joule
5. Pada lampu pijar tertulis label 220
V/100 W. Seandainya lampu dihubungkan dengan beda potensial 110 volt. Hitung
daya lampu!
LEMBAR
PENILAIAN
Penilaian Psikomotor.
NO
|
Komponen
Penilaian
|
Skor dan Rubrik
Penilaian
|
1.
|
Melakukan
eksperimen /pengamatan secara berkelompok
|
· 10 = Jika bersama-sama melakukan
eksperimen dengan benar.
· 5
= Jika bersama-sama melakukan eksperimen
dengan benar.
· 1 = Jika hanya sebagian saja anggota
kelompok yang melakukan eksperimen.
|
2.
|
Kekompakan
Kelompok
|
· 10 = Jika semua anggota kelompok
bekerjasama dalam kelompoknya.
· 5
= Jika ada anggota kelompok yang tidak
bekerja dalam kelompoknya.
· 1
= Jika sebagian besar anggota
kelompok tidak bekerja dalam kelompok
|
3.
|
Mengerjakan LKS
|
· 10 = Jika semua jawaban benar.
· 5 = Jika sebagian jawaban benar.
· 1 = Jika jawaban salah.
|
4.
|
Keaktifan semua
anggota kelompok
|
· 10 = Jika semua anggota kelompok melakukan
eksperimen.
· 5 = Jika ada anggota kelompok yang tidak
melakukan eksperimen
· 1 = Jika sebagian besar anggota kelompok
tidak melakukan eksperimen.
|
5.
|
Saling mengajar
sesama anggota kelompok
|
· 10 = Jika semua anggota kelompok sudah
mengerti dengan eksprimen yang mereka lakukan.
· 5 = Jika masih ada angota kelompok yang
belum mengerti dengan eksperimen yang mereka lakukan.
· 1 = Jika sebagian besar anggota kelompok
belum mengerti dengan eksperimen yang mereka lakukan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar