Welcome to My Blog

Saran dan kritikan dari anda sangat dibutuhkan demi perbaikan mutu blog ini

13 Januari, 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
 



Sekolah                         : SMPN 4 Palu
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : FISIKA
Waktu                           : 1 x 40 menit


Standar Kompetensi
             3.     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
              3.4    Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam                                          kehidupan sehari-hari.
  
Indikator
1.      Menjelaskan hubungan antara beda potensial (V) dan kuat arus (I ) dengan energi listrik.
2.      Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain.
3.      Menjelaskan hubungan antara daya listrik dan energi listrik.
4.      Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan faktor-faktor yang menentukan energi listrik.
2.      Mengamati hubungan antara kalor dengan lama aliran arus listrik.
3.      Menjelaskan rumusan energi listrik.
4.      Menyebutkan alat-alat pengubah energi listrik.
5.      Menjelaskan pengertian daya listrik.
6.      Menjelaskan hubungan antara daya listrik dan energi listrik.



B. Materi Pembelajaran
            Energi dan Daya Listrik

C. Metode Pembelajaran
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
                2.  Metode : -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                                   -  Ceramah
                         
D. Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·         Motivasi dan Apersepsi
Pernahkah kalian melihat mesin pembangkit listrik dikota dan di desa?. Mengapa pembangkit listrik di kota lebih besar dayanya dibandingkan di desa?

·        Prasyarat pengetahuan:
      -   Sebutkan besaran yang menentukan nilai energi listrik.


b. Kegiatan Inti (30 menit)
·         Guru memberikan informasi mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai
·         Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dibahas.
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok dengan membagi siswa menjadi 3 kelompok
·         Guru menjelaskan secara singkat model pembelajaran jigsaw
·         Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk menentukan pembagian kelompok
·         Guru membagikan Lembar kerja Siswa (LKS) kepada masing-masing kelompok
·         Guru menginstruksikan untuk melaksanakan kegiatan siswa pada LKS yang sebelumnya telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memantau proses pengerjaan LKS dari semua kelompok dan menanyaan jika ada yang belum dipahami.
·         Siswa dari kelompok mendiskusikan hasil pekerjaannya pada kelompoknya masing-masing.
·         Masing-masing kelompok memberikan kesimpulan dari hasil diskusi kelompoknya masing-masing.
·         Guru menginstruksikan kepada masing-masing kelompok  yang sebelumnya telah diamati untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
·         Siswa dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang mempersentasikan hasilnya.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan rumusan energi listrik dan  daya listrik.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi listrik dan daya listrikyang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal yang berkatian dengan penentuan energi listrik dan daya listrik untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c.  Kegiatan Penutup (5 menit)
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Guru memberikan nasehat kepada siswa untuk selalu melakukan penggunaan energy listrik dengan memperhitungkan efisiensi energy listrik
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar

a.      Mari Belajar IPA 3 Untuk SMP/MTs Kelas IX Penulis : Elok Sudibyo Wahono,  Widodo Wasis, Dwi Suhartanti ILMU PENGETAHUAN ALAM Terpadu dan Kontekstual Untuk SMP/MTs Kelas IX Pembelajaran Penulis: Dewi Ganawati, Sudarmana, Wiwik Radyuni.
b.      Buku referensi yang relevan.
c.       Alat dan bahan praktikum.
Sebagaimana terlampir dalam LKS


Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-      Tes unjuk kerja (LKS)
-      Tes tertulis
-      Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
-         Uji petik kerja prosedur
-         Tes uraian
-         Tugas rumah
Instrumen soal-soal yang diujikan

1.      Sebuah alat pemanas listrik bertegangan 220 volt dan padanya mengalir arus listrik 2 ampere. Jika alat pemanas tersebut dipakai selama 2 jam, berapa energi yang ditimbulkan oleh alat tersebut?

Jawab : W= V I t
= 220 volt x 2 A x 7200 s
= 3168000 joule = 3168 × 103 joule
= 3,168 × 106 joule

2.      Pada sebuah penghantar 25 ohm, mengalir arus 0,2A. Bila aliran arus listrik ini berjalan selama 90 menit. Berapakah energi yang ditimbulkan?
Penyelesaian:
Jawab : W = I2 R t
= (0,2 A)2 × 25 ohm × 5400 s
= 0,04 A2 × 25 ohm x 5400 s
= 5400 joule = 5,4 × 103 joule

3.      Keluarga Mahfud memiliki 4 buah kipas listrik, masingmasing berdaya 50 W. Kipas-kipas tersebut digunakan 10 jam tiap hari. Berapa kWh-kah penggunaan energi listrik untuk kipas tersebut dalam satu bulan?
W= P × t
= 0,2 kW × 300 h
= 60 kWh
Jadi, energi listrik tersebut sebesar 60 kWh.


4.      Pada sebuah lampu pijar bertuliskan 220 V/ 100 W. Jika lampu dipasang pada beda tegangan 220 volt selama sepuluh sekon. Tentukan energi listrik yang digunakan oleh lampu!

Jawab : W = P t
= 100 W × 10 s
= 1000 joule

5.      Pada lampu pijar tertulis label 220 V/100 W. Seandainya lampu dihubungkan dengan beda potensial 110 volt. Hitung daya lampu!



LEMBAR PENILAIAN


Penilaian Psikomotor.

NO
Komponen Penilaian
Skor dan Rubrik Penilaian
1.
Melakukan eksperimen /pengamatan secara berkelompok
·      10 = Jika bersama-sama melakukan eksperimen dengan benar.
·      5  = Jika bersama-sama melakukan eksperimen dengan benar.
·      1 = Jika hanya sebagian saja anggota kelompok yang melakukan eksperimen.
2.
Kekompakan Kelompok
·      10 = Jika semua anggota kelompok bekerjasama dalam kelompoknya.
·      5  = Jika ada anggota kelompok yang tidak bekerja dalam kelompoknya.
·      1 = Jika sebagian besar anggota kelompok tidak bekerja dalam kelompok
3.
Mengerjakan LKS
·      10 = Jika semua jawaban benar.
·      5 = Jika sebagian jawaban benar.
·      1 = Jika jawaban salah.
4.
Keaktifan semua anggota kelompok
·      10 = Jika semua anggota kelompok melakukan eksperimen.
·      5 = Jika ada anggota kelompok yang tidak melakukan eksperimen
·      1 = Jika sebagian besar anggota kelompok tidak melakukan eksperimen.
5.
Saling mengajar sesama anggota kelompok
·      10 = Jika semua anggota kelompok sudah mengerti dengan eksprimen yang mereka lakukan.
·      5 = Jika masih ada angota kelompok yang belum mengerti dengan eksperimen yang mereka lakukan.
·      1 = Jika sebagian besar anggota kelompok belum mengerti dengan eksperimen yang mereka lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Science is My Way of Life